18 results for group: pengajar


Dr. Budiarto Danujaya

Dr. Budiarto Danujaya  alumni filsafat universitas Gajah Mada pada tahun 1979, kemudian melanjutkan studi untuk mendapatkan gelar doktorandus dengan predikat cumlaude pada tahun1982. Ia melanjutkan studi tentang ekonomi pada sekolah tinggi PPM dan mendapat kan gelar Master of Business Administration pada tahun 1993. Pada tahun 2005, ia menempuh studi  S2 filsafat UI dan kemudian lulus Program Doktoral Filsafat, UI dengan disertasi tentang ilmu politik. tahun 2005. Karya beliau banyak tampil pada beberapa ratus dan essai dalam bidang sastra, budaya, dan social-politik.

Read More


Ganang Dwi Kartika, SS, M.Hum

Ganang Dwi Kartika, SS, M.Hum. Pada tahun 1984, Ia diterima di Program Studi Jerman, Fakultas Sastra, Universitas Indonesia, dan memperoleh gelar sarjana tahun 1989, dengan skripsi berjudul Manusia Idaman Hermann Hesse dalam Roman Der Steppenwolf.   Pada tahun 1995 Ia mengikuti Program Pascasarjana Universitas Indonesia dan berhasil diselesaikannya pada tahun 1999 dengan tesisnya yang berjudul KEBOHONGAN: Pendekatan Eksistensial dan Etis atas 4 Drama Henrik Ibsen.  Saat ini, ia sedang menempuh jenjang pendidikan doktoral di Universitas Indonesia dengan mengambil jurusan Ilmu Susastra.

Read More


Dr. Muhammad Fuad Abdilla


DR. Herdito Sandi Pratama


DR. Fristian Hadinata


Dr. Naupal, SS, M.Hum

Dr. Naupal, SS, M.Hum. Menjabat sebagai sekretaris Departemen Filsafat.  Ia menempuh studi S1 pada fakultas sastra  program studi Arab Universitas Indonesia dan gelar Magister Humaniora pada program pascasarjana Universitas indonesia di Program Filsafat, UI, dengan thesis berjudul Konsep Tuhan menurut Al-Ghazali dan Thomas Aquinas : Suatu telaah filsafat ketuhanan. Ia mendapat gelar doktor dalam bidang perbandingan ilsafat Islam dan filsafat barat dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Sekarang Beliau intens menggeluti persoalan filsafat agama dan berusaha mendialogkannya dengan perkembangan sains kontemporer. Ia adalah ...

Read More


James Mendrofa, M.Hum


Dr. Akhyar Yusuf Lubis


Ikhaputri Widiantini, SS, M.Si


Dr. Embun Kenyowati

Dr. Embun Kenyowati. Memperoleh gelar Sarjana Ilmu Filsafat, UI,  dengan skripsi berjudul Pemikiran Susanne K.Langer tentang Seni Sebagai Simbol Presentasional pada tahun 1989. Pada tahun 1993 melanjutkan studi tentang filsafat pada universitas Indonesia, dan berhasil memperoleh gelar Magister Humaniora pada tahun 1998 dengan thesis Subyektivitas dalam Seni  Pada  Pemikiran  Kant, Hegel dan Nietzsche. Ia memperoleh gelar Doktor pada bulan November 2009. Bidang peminatan estetika dan filsafat seni.

Read More